Monday 12 January 2015

"Tahu Bulat"


Akhirnya.....jadi juga bikin tahu bulat. Pertama kali bikin sempat gagal juga. Alhamdulillah percobaan kedua berhasil dengan mulus ^^

Awalnya saya bikin menggunakan tahu sumedang, saat digoreng bulat mulus, rasanya sudah senang banget. Tapi.....saat matang dan diangkat....tahunya sukses kempes, tidak bulat lagi, jadi mengkerut X_X

Karena penasaran, akhirnya coba bikin lagi. Kali ini saya gunakan tahu putih besar/tahu cina. Tahunya saya peras satu per satu agar airnya benar-benar kering.

Setelah digoreng sempat dag...dig...dug juga dengan hasilnya. Takutnya mengkerut lagi, tapi....Alhamdulillah kali ini berhasil, bentuknya tetap bulat kopong tanpa mengkerut.

"TAHU BULAT"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
5 buah tahu putih besar
1/2 sdt garam halus (tergantung keasinan tahu)
1 sdt merica bubuk
1 sdt bawang putih bubuk

Cara membuat :
◆ Bungkus tahu menggunakan kain kasa/serbet, peras sampai airnya benar-benar kering. Lakukan bertahap satu per satu agar lebih mudah diperas.
◆ Haluskan tahu lalu campur dengan semua bahan. Aduk sampai tercampur rata.
◆ Ambil sedikit adonan, bentuk menjadi bola-bola. Lakukan sampai adonan habis.


◆ Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


Saya sengaja tidak menambahkan baking powder/soda kue ke dalam adonan tahunya. Menurut saya hasilnya sudah cukup kopong dan krispi. Tapi kalau ingin hasil tahu yang lebih kopong dan lebih tahan lama krispinya bisa ditambahkan baking powder/soda kue.

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment