Thursday 8 January 2015

"Proll Tape Keju"


Sejak dulu saya penggemar singkong, apalagi kalau sudah diolah jadi tape, heemmmm bisa habis sendiri hehehe.... ^^
Salah satu olahan tape kegemaran saya adalah proll tape. Cara membuatnya juga mudah, teksturnya padat tidak seperti cake karena memang tidak menggunakan emulsifier. Rasa tapenya juga nendang banget, kerasa sekali.

Proll tape keju ini sudah lama saya buat, saat lihat tape di pasar langsung kalap belinya hehehe.... sampai rumah sebagian saya buat proll tape dan sebagian lagi saya masuk ke dalam lemari es, karena lebih nikmat lagi dimakan langsung dalam keadaan dingin.

Resep proll tape ini saya dapat dari salah satu group memasak, dimodifikasi sedikit menyesuaikan selera sayadan keluarga.

"PROLL TAPE KEJU"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
  • 250 gr tape singkong, buang seratnya dan dihancurkan
  • 3 butir telur
  • 75 gr gula pasir
  • 50 gr tepung terigu
  • 25 gr maizena
  • 50 gr margarin, dicairkan
  • 100 ml susu cair
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 2 sdm kismis
  • 50 gr keju parut
Topping :
  • Keju parut secukupnya
Cara membuat :
  • Campur rata terigu, maizena, dan vanili bubuk. Ayak dan sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir hingga kental dan gula larut.
  • Masukkan tape dan susu cair, aduk rata.
  • Tambahkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  • Tuangkan margarin cair, aduk rata.
  • Terakhir masukkan kismis dan keju parut. Aduk rata.
  • Tuangkan dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Taburi atasnya dengan keju parut.
  • Panggang di suhu 180°C selama 45 menit hingga matang.


Takaran tapenya bisa ditambahkan lagi jika lebih suka rasa tapenya lebih nendang lagi. Untuk loyangnya saya menggunakan loyang bulat ukuran diameter 20 cm.

"Happy Baking" ^^

No comments:

Post a Comment