Tuesday 27 January 2015

"Ikan Panggang Daun Kunyit"


Ikan panggang ini saya masak hari sabtu kemarin. Mumpung di pasar lagi banyak ikan mujair ukuran besar jadi belilah dua ekor. Dimasak satu ekor cukup untuk kami sekeluarga dan emang ukuran ikannya pun cukup besar.

Resep ini racikan saya sendiri setelah dulu pernah cobain ikan panggang di rumah makan padang dekat rumah. Rasa khas daun kunyitnya itu yang bikin enak. Tapi kalau keseringan beli bisa bikin kantong bolong juga hehehe....harganya itu loh mihiil, kalau beli gak cukup satu karena ukuran ikannya yang hanya untuk porsi satu orang.

Sekarang gak pernah lagi beli, kan sudah bisa bikin sendiri hehehe... Lebih puas makannya, rasanya pun sama-sama enak ^^

"IKAN PANGGANG DAUN KUNYIT"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
1 ekor ikan mujair ukuran besar
1 buah jeruk nipis, peras airnya

Bumbu halus :
5 buah cabe merah
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
3 ruas lengkuas
1 batang serai, ambil putihnya

Bahan lainnya :
1 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir
2 lembar daun kunyit, iris halus

Cara membuat :
◆ Kerat setiap sisi ikan lalu lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.
◆ Tumis sebentar bumbu halus dan bahan lainnya. Masukkan ikan, masak sebentar hingga berubah warna. Balik sesekali. Matikan api.
◆ Ambil 1 sdm bumbu tumis lalu masukkan ke dalam perut ikan, baluri ikan dengan sedikit bumbu tumis. Sisihkan sebagian bumbu tumis.
◆ Siapkan teflon dan olesi dengan sedikit minyak. Letakkan ikan diatas teflon, tutup rapat dan masak hingga matang. Balik sesekali.
◆ Angkat ikan yang telah matang, letakkan dalam pinggan lalu lumuri dengan sisa bumbu tumis.
◆ Sajikan dengan nasi hangat.

Untuk ikannya bisa disesuaikan selera masing-masing karena bumbunya bisa untuk jenis ikan lainnya, seperti ikan nila, mas, gurami, dll

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment