Tuesday 3 March 2015

"Nasi Uduk"



Ceritanya hari minggu kemarin kangen lagi sama nasi uduk tempo dulu. Saat masih sekolah saya sempat juga jualan nasi uduk kemasan yang dititip di warung-warung dekat rumah dan juga pesanan teman-teman sekolah. Kalau di Palembang biasa menyebutnya nasi gemuk. Lumayan laris juga, bisa habis lebih dari 50 bungkus sehari. Modalnya dari ibu dan untungnya untuk tabungan saya hehehe.... (^_^).

 Selama tinggal di batam belum pernah jumpa nasi uduk yang benar-benar pure terasa santannya. Kebanyakan yang dijual nasi kuning, kalaupun ada yang jual nasi uduk tapi nggak berasa khasnya santan di nasinya, bahkan rasanya nggak ada bedanya dengan nasi putih biasa (-_-).

Nasi uduk biasanya dimakan bersama pelengkapnya seperti sambal tempe, telur rawis, bihun goreng, sambal manis, dan kerupuk. Atau sering juga ditambahkan ayam goreng atau perkedel.

Saya hanya akan memposting resep nasi uduknya aja ya. Pelengkapnya bisa disesuaikan selera masing-masing. Untuk nasi uduk yang saya buat ini, pelengkapnya saya sajikan sambal tempe, ayam pop corn, telur rawis, dan kerupuk udang. Pengennya ada bihun gorengnya tapi nggak keburu lagi mau masaknya.


"NASI UDUK"
(Rice Cooked in Coconut Milk)
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
300 gr beras pulen, cuci bersih
500 ml santan
1 batang serai, digeprek
2 lembar daun salam
1 sdt garam halus

Pelengkap ( sesuai selera ) :
Sambal tempe
Telur rawis
Ayam pop corn ( resepnya bisa lihat disini )
Kerupuk udang
Bawang goreng

Cara membuat :
Kukusan : Masak santan, serai, daun salam, dan garam sampai mendidih sambil diaduk. Masukkan beras, masak hingga santan habis terserap ke dalam beras. Aduk sesekali agar santan terserap merata dan tidak gosong. Siapkan kukusan, pindahkan beras ke dalam kukusan dan kukus hingga matang.
Rice Cooker/Magicom : Campur semua bahan ke dalam rice cooker/magicom. Masak hingga matang. Aduk sesekali agar santan terserap merata.



Abang khalif senang sekali saat tau bundanya masak nasi uduk. Langsung deh tambah lahap makannya, dua piring lewaattt....hahahaha.... :D

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment