Tuesday 3 March 2015

"Bada Lado Ijo"


Kalau sambal gini kesukaan suami banget. Makannya bisa lahap, tambuah ciek hehehe... ^_^ Yang namanya sambal tuh nggak pernah absen di menu makan kami sekeluarga. Mau dimasak apa aja yang penting dalam bentuk sambal.

Saat pulang ke Padang akhir tahun kemarin, saya sempat bawa ikan bada khas Danau Maninjau. Awal kenal ikan ini saat ibu mertua menggoreng ikan ini untuk lauk makan, saat dicobain wah enak juga nih, apalagi kalau dimasak campur dengan cabe hijau, hmmmm.....dah kebayang enaknya.

Jadilah saya ikut pergi ke pasar dengan niatan mau beli ikan bada untuk dibawa pulang. Harganya nggak terlalu mahal dibandingkan ikan teri yang biasa saya beli. Beli 100gr cukup untuk nanti dimasak dirumah. Di batam saya belum pernah lihat yang jual ikan bada, atau saya aja mungkin yang nggak tau ya ^_^ , kalaupun ada harganya pasti mahal.

Tapi...dari pulang sampai sekarang, baru saya masak sekarang ikannya hihihihi..... Untungnya saya simpan dalam lemari es jadi ikannya masih awet. Saya pakai kentang untuk campurannya, mau dicampur bahan lain atau nggak dicampur apa-apa juga nggak masalah, kembali ke selera masing-masing ya.

"BADA LADO IJO"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
100gr ikan bada kering
500gr kentang
1/2 sdt gula pasir

Bumbu halus :
100gr cabe hijau
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat :
◆ Rendam ikan bada dengan air panas sebentar, lalu tiriskan. Goreng ikan bada hingga garing. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
◆ Kupas kentang, potong kotak-kotak kecil, lalu cuci bersih. Goreng kentang hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
◆ Tumis bumbu halus hingga harum sambil diaduk-aduk. Kalau minyak kering, tambahkan minyak sedikit-sedikit.
◆ Tambahkan gula pasir, aduk rata. Saya tidak menambahkan garam karena ikan badanya sudah asin. 
◆ Masukkan ikan bada dan kentang. Aduk hingga tercampur rata dengan tumisan cabe. Angkat dan sajikan.


Penampakan ikan bada kering

Saya juga sempat mencoba Palai Bada, masakan lain yang bahannya juga dari ikan bada. Palai bada dibuat dari ikan bada basah yang dibungkus daun pisang. Rasanya juga nggak kalah enaknya plus puoooll pedasnya.

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment