Thursday 12 March 2015

"Choco Crispy Steamed Cake"


Swimming time..!!! Hari minggu kemarin suami ngajak anak-anak berenang ke kolam renang. Sudah lama juga anak-anak nggak berenang, apalagi kali ini adek azzam berenang perdana. Dulu saat abang khalif masih 2 tahun, hampir seminggu sekali berenang. 

Setiap berenang yang nggak boleh lupa dibawa juga ya bekal. Meskipun di kolam renang juga tersedia foodcourt tapi kan lebih baik bawa bekal sendiri, kita kan pencinta homemade hehehe....ngeles aja padahal sekalian ngirit :P

Cake ini salah satu yang saya buat untuk bekal. Saya lebih suka menyebutnya steamed cake atau cake kukus meskipun kebanyakan orang menyebutnya brownies kukus. Permukaan cakenya saya siram dengan cokelat cair dan ditaburi dengan choco crispy, full cokelat deh....kesukaan abang khalif banget :D




"CHOCO CRISPY STEAMED CAKE"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan A :
5 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdt SP
1/2 sdt vanilla ekstrak

Bahan B, diayak :
100 gr tepung terigu protein sedang
30 gr cokelat bubuk
1/4 sdt baking powder

Bahan C :
100 gr DCC, cincang
50 ml susu kental manis
75 ml minyak sayur
75 gr margarin

Bahan D :
150 gr meises cokelat
100 gr DCC, cairkan
Choco crispy secukupnya

Cara membuat :
◆ Campur dan tim DCC dan margarin hingga mencair. Angkat lalu campurkan susu kental manis dan minyak sayur. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
◆ Kocok bahan A hingga mengembang dan kental berjejak.
◆ Masukkan bahan B yang sudah diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga tercampur rata.
◆ Tuangkan campuran bahan C, aduk hingga rata.
◆ Tuangkan 1/2 adonan dalam loyang persegi ukuran 20 x 20 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus selama 20 menit.
◆ Buka tutup klakat/kukusan, taburi permukaan cake dengan meises cokelat hingga menutupi seluruh permukaan cake. Tuangkan sisa adonan hingga rata.
◆ Kukus kembali selama 30 menit hingga matang. Angkat, dinginkan, dan keluarkan dari loyang.


◆ Siram permukaan cake dengan cokelat cair, ratakan. Taburi dengan choco crispy hingga rata. Potong-potong dan sajikan.



Karena pergi berenangnya jam 7 pagi, cake ini saya buat malamnya. Setelah selesai disimpan dulu di dalam lemari es. Paginya tinggal dipotong dan siap dibawa.


Selain cake ini, saya juga membuat kwetiau goreng. Karena adek azzam takut dan kabur nggak jadi berenang, ya sudah deh jadinya duduk aja nungguin ayah dan abang khalif berenang. 

"Happy Baking" ^^

No comments:

Post a Comment