Friday 6 February 2015

"Chocolate Crispy Bun"


Inilah roti hari ini....requestnya abang khalif. Sudah sebulan ini saya libur ngulen roti. Sejak balik dari pulkam bulan kemarin, baru hari ini kembali nguleni roti. Padahal abang khalif sudah beberapa kali nanyain kok bundanya nggak bikin roti. Hehehe....bundanya sibuk kreasi resep-resep lainnya untuk ikutan event dan challenge. 

Masih tetap setia dengan roti cokelat, favouritenya anak-anak. Roti ini mirip-mirip dengan coffee bun, bedanya roti ini nggak pakai kopi instan tapi pakai DCC. Tekstur adonan toppingnya juga lebih set, makanya saat dipanggang bentuknya tetap dan tidak mencair serta lebih krispi.

Untuk adonan rotinya, saya menggunakan adonan water roux seperti yang saya gunakan saat membuat caterpillar bread sebelumnya. Toppingnya diadaptasi/dimodif dari buku resep roti modern Ny.Liem dan fillingnya saya menggunakan cokelat meises. Jadinya melted di dalam, crispy diluar ^^


"CHOCOLATE CRISPY BUN"
Oleh : Nova Rilandari

Adonan rotinya bisa dilihat disini

Topping :
125 gr unsalted butter
75 gr gula palem
50 gr gula pasir halus
1 butir telur
25 ml susu cair
100 gr DCC, dicairkan
150 gr tepung terigu protein rendah

Filling :
Meises/choco rice secukupnya

Cara membuat :
Topping : Kocok butter, gula palem, dan gula pasir hingga lembut. Masukkan telur, kocok rata kembali. Tuangkan susu cair dan DCC cair, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan tepung terigu, aduk rata kembali. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga/piping bag, potong ujungnya, dan sisihkan.
◆ Siapkan adonan roti yang sudah dibagi masing-masing seberat 50gr dan sudah mengembang ringan.
◆ Ambil satu per satu adonan, pipihkan, dan beri filling/isian 1sdt. Rapatkan dan bentuk bulat kembali. Letakkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti dan beri jarak dengan yang lain. Diamkan selama 30 - 45 menit hingga mengembang.
◆ Semprotkan topping diatas adonan membentuk jala hingga memenuhi seluruh permukaan adonan.
◆ Panggang dalam oven dengan suhu 200°C selama 20 menit hingga matang dan kecoklatan.
◆ Angkat dan dinginkan diatas cooling rack. Saat baru matang, topping masih terasa lembut tapi setelah dingin akan set sendiri.


Untuk satu resep ini menghasilkan 19 - 21 buah roti. Kalau ingin filling/isian yang lebih melted lagi, bisa diganti dengan filling/isian serutan DCC. 

Saat akan mulai matang, wanginya cokelat sudah menyerebak kemana-mana. Siap diangkat dari oven, sudah diantri oleh anak-anak hihihi.... ^^

"Happy Baking" ^^

1 comment:

  1. HI Rita,

    My name is Merrya, Account Executive of Lazada Indonesia Affiliate Program. I would like to introduce you to our newest and fast growing program, Lazada Affiliate.
    We are interested to make a partnership with your website regarding this program, for both of us would get a very good benefit upon this great partnership.

    Please contact me directly so then i can give you an explaination about this program.
    We're looking forward for your kind reply to this special partnership offering with your website


    Thanks,
    Merrya
    merrya.nawati@lazada.co.id
    (021)29490210 ext 1601

    ReplyDelete