Wednesday 25 February 2015

"Churros"


Naaahh....ini cemilan kesukaan anak-anak di rumah. Biasanya saya buat untuk cemilan pagi mereka. Kalau yang belum kenal dengan churros, namanya terdengar asing di telinga ya. Emang asing karena makanan ini adalah cemilan khas Spanyol. Tapi sebenarnya churros di negara kita sekarang sudah nggak asing lagi, sudah ada juga yang jualnya meskipun hanya sebatas di kafe dan hotel.

Adonan churros mirip seperti sus, bedanya churros digoreng bukan dipanggang seperti sus. Makanya saya juga suka menyebutnya sus goreng, terasa lebih mudah menyebutnya saat ada yang tanya hehehe.... :P

Churros bisa langsung dimakan begitu saja atau dikombinasikan dengan saus cokelat, atau ditaburi dengan campuran gula halus dan kayu manis bubuk seperti yang saya buat. 


"CHURROS"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
250 ml air
75 gr margarin
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam halus
150 gr tepung terigu protein sedang
2 butir telur ukuran besar

Taburan :
2 sdm gula halus
1 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat :
◆ Campurkan air, margarin, gula pasir, dan garam. Masak hingga mendidih sambil diaduk.
◆ Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis. Angkat.
◆ Pindahkan adonan ke dalam mangkuk mixer, lalu kocok sebentar dengan speed rendah hingga uap panasnya hilang. Masukkan telur sambil terus dikocok hingga tercampur rata. (Jika tidak ada mixer, bisa diaduk menggunakan sendok kayu).
◆ Masukkan adonan ke dalam piping bag/plastik segitiga dan pasang spuit bintang. Semprotkan perlahan adonan ke dalam minyak panas hingga panjang yang diinginkan, lalu potong menggunakan gunting. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
◆ Saat uap panasnya hilang, taburi dengan gula halus dan kayu manis bubuk.


Done...churros a.k.a sus goreng siap dinikmati. Cukup mudah membuatnya. Disarankan dinikmati saat masih hangat karena kerenyahannya berkurang jika sudah dingin.

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment