Sunday 21 June 2015

"Soto Ayam"


Sudah beberapa kali ditanyain teman-teman daftar menu selama bulan Ramadhan, tapi masalahnya saya nggak pernah bikin daftar menu Ramadhan. Kalaupun bikin pasti ujung-ujungnya nggak sesuai dengan menu yang dibuat. Ide memasak baik sehari-hari ataupun selama Ramadhan munculnya tiba-tiba aja, sesuai dengan selera saat itu jadi nggak direncanain.

Menu Ramadhan di keluarga saya tidaklah wah, untuk berbuka puasa cukup teh hangat/air putih dan kurma, terkadang ditambah cemilan seperti risoles, cake, atau kolak, pastinya no ice kecuali setelah perut sudah terisi nasi. Untuk lauk makan, saya lebih memilih masakan yang bisa saya hangatkan kembali untuk makan sahur, seperti soto, gulai, atau sup. Sebenarnya sama saja seperti kita memasak untuk makan siang sekaligus untuk makan malam hanya selama Ramadhan waktunya aja yang bergeser ^_^

Naaa...soto ayam ini bisa jadi pilihan untuk lauk setelah berbuka sekaligus untuk makan sahur. Tidak seperti soto ayam kebanyakan yang ayamnya direbus dan digoreng lalu disuwir-suwir, saya lebih suka memotong ayamnya kecil-kecil karena lebih praktis.


"SOTO AYAM"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
1/2 ekor ayam, potong kecil-kecil
2 liter air
200 gr tauge panjang, buang akarnya
1 batang daun bawang, iris halus
1,5 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh, digeprek
2 ruas lengkuas, digeprek
2 ruas jahe, digeprek

Bumbu halus :
1 sdt merica bulat
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 ruas kunyit

Bahan pelengkap :
2 batang seledri, iris halus
1 buah tomat merah, iris
Bawang goreng
Jeruk nipis, belah

Cara membuat :
◆ Rebus ayam dan air hingga ayam empuk. Kecilkan apinya.
◆ Tumis bumbu halus, daun jeruk, sereh, lengkuas, dan jahe hingga keluar aromanya. Angkat dan masukkan ke dalam rebusan ayam. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
◆ Tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, daun bawang, dan tauge. Aduk rata dan masak sebentar lalu angkat.
◆ Sajikan dalam mangkuk dan beri bahan pelengkap.


Saya tidak memakai sohun karena keluarga tidak terlalu suka, jadi bisa ditambahkan jika suka. Taugenya dimasukkan sebagian aja dan sebagian lainnya dimasukkan lagi ke rebusan saat akan disajikan.

"Happy Cooking & Baking" ^^

No comments:

Post a Comment