Wednesday 17 June 2015

"Selai Nanas"


Kalau sedang banyak orderan pasti jadi jaraaang banget posting resep. Badan sudah capek duluan bawaannya jadi males buka blog hehehe... ^_^ Mumpung lagi ada waktu nih, mau posting selai nanas aja ya. Sehari lagi kan mau puasa dan sebulan lagi mau lebaran jadi pastinya sudah pada siap-siap bikin kue kering, salah satunya nastar ya kan.

Untuk isian nastar yang paling umum dipakai adalah selai nanas, tapi sekarang sudah banyak juga yang memakai selai lainnya sebagai isian nastar seperti selai durian, strawberry, burberry, sirsak, dan lainnya. Kalau saya masih lebih suka memakai selai nanas, kembali ke selera masing-masing ya. 

Saya selalu bikin sendiri selai nanas untuk nastar sekalian terima orderan juga hehehe.... Biarpun sedikit capek tapi lebih puas bikinan sendiri karena lebih terjamin tanpa pengawet, tanpa pewarna, dan tanpa pemanis buatan. 

Hayuk yang sedang sibuk atau siap-siap bikin nastar, kita bikin sendiri selai nanasnya. Resepnya saya adaptasi dari resep selai nanas ncc yang takarannya sudah saya sesuaikan dengan kebutuhan.

"SELAI NANAS"
Oleh : Nova Rilandari
Adapted : Selai nanas ncc

Bahan :
5 kg nanas
350 gr gula pasir
1 potong kayu manis

Cara membuat :
◆ Bersihkan nanas, buang matanya lalu parut/blender.
◆ Masak nanas dan kayu manis dalam wajan dengan api sedang cenderung kecil hingga airnya menyusut. Aduk sesekali.
◆ Masukkan gula pasir, aduk rata dan masak terus hingga kering dan liat.
◆ Angkat dan pindahkan ke wadah lebar ( saya pakai loyang lebar ). Ratakan dan biarkan hingga dingin.
◆ Simpan dalam wadah kedap udara.


Note :
◆ Pilih nanas yang matang/ranum. Saya pakai nanas dumai atau bisa pakai jenis nanas lainnya seperti nanas palembang.
◆ Nanas yang sudah dibersihkan jangan dicuci dan jangan menambahkan air saat diblender karena membuat makin lama proses memasaknya dan mengurangi rasa nanasnya.
◆ Gunakan api kecil atau cenderung kecil agar saat dimasak tidak meletup kemana-mana.
◆ Pastikan kandungan air nanas sudah cukup menyusut sebelum memasukkan gula pasir agar proses memasaknya tidak makin lama dan menghindari gulanya mengkristal saat selai matang.
◆ Takaran gula pasir disesuaikan dengan manisnya nanas, bisa kurang atau lebih. Jika kurang manis atau masih terasa sepet, tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sampai mendapatkan rasa yang pas.
◆ Selai nanas bisa tahan disimpan di suhu ruang selama 5 hari atau di dalam lemari es selama 1 bulan atau lebih. Makin kering kandungan air dalam selai nanasnya, makin tahan lama disimpan.

Nah....hayok mulai bikin selai nanas sendiri. Selamat mencoba ^_^

"Happy Cooking & Baking" ^^

No comments:

Post a Comment