Tuesday 22 September 2015

"Ayam Gulai Hijau"


Beberapa tahun yang lalu saat liburan ke Padang, saya mendapatkan resep ini dari eteknya suami. Tapi belum pernah saya praktekkan sama sekali, kertas catatannya pun tenggelam bersama tumpukan buku-buku resep lainnya. Sampai beberapa hari yang lalu saat akan merapikan resep-resep dalam file, eh....saya ketemu lagi dengan resep ayam gulai hijau ini. Hihihi...dah kayak dapat harta karun gitu ^_^

Seperti biasa...saya kalau lagi semangat masak, suka nggak sabaran pengen eksekusi hehehe.... Paginya langsung deh ke pasar beli ayam dan bahan-bahan lainnya. Meskipun namanya gulai tapi masakan ini nggak menggunakan santan loh. Dinamakan gulai hijau karena warna hijau dari perpaduan cabe hijau dan bahan-bahan lainnya yang setelah dimasak menyerupai kuah santan, jadi penampakannya seperti gulai.

Resep yang saya dapat takarannya untuk porsi besar jadi saya sesuaikan kembali takarannya agar pas untuk porsi sekeluarga.


"AYAM GULAI HIJAU"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
500 gr ayam, potong sesuai selera
300 ml air
1 1/2 sdt garam halus
2 sdt gula pasir
2 buah asam kandis

Bumbu halus :
100 gr cabe hijau
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 ruas jahe
3 ruas lengkuas
2 ruas kunyit

Bumbu lainnya :
3 butir kapulaga
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun kunyit

Cara membuat :
 ◆ Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya hingga keluar aromanya.
◆ Masukkan potongan ayam. Aduk rata hingga berubah warna.
◆ Tuangkan air, aduk rata. Masak hingga ayam empuk. Aduk sesekali.
◆Tambahkan garam halus, gula pasir, dan asam kandis. Aduk rata.
◆ Masak hingga kuahnya sedikit menyusut. Angkat dan sajikan.


Sukaaa banget lihat warna hijaunya yang cling, bikin tambah nafsu makan. Tambuah ciek hehehe... ^_^

"Enjoy Your Homemade" ^^

No comments:

Post a Comment