Thursday 13 August 2015

"Sambal Pecel"


Sudah lama banget nggak makan pecel, dari kemarin kebayang terus pengen makan pecel dengan kuah kacang yang pedas manis, hmmm....jadi ngiler ngebayanginnya hehe... ^_^ Hari ini bisa kesampaian juga bikin sendiri.

Sambal pecelnya saya bikin sendiri, sebenarnya kalau nggak mau repot tinggal beli aja di pasar tradisional atau supermarket. Tapi...nggak ada yang ngalahin enak dan puasnya buatan sendiri hahaha....gini nih efek homemade lover, apa-apa maunya bikin sendiri ^_^

Saya mau share sambal pecelnya aja ya. Kalau untuk pecelnya bisa sesuaikan dengan selera masing-masing. Sambal pecel bisa dibikin dalam porsi banyak, disimpan dalam lemari es, dan bisa disajikan kapan saja kita mau.

Untuk menghaluskan kacang tanahnya, saya hanya menggunakan cobek karena maunya hasil kacang giling yang tidak terlalu halus. Demikian juga dengan menghaluskan bumbu dan gula arennya pun secara manual. Tapi kalau nggak mau ribet giling manual, bisa gunakan food processor ataupun blender.


"SAMBAL PECEL"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
500 gr kacang tanah
200 gr gula aren/gula merah
7 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
5 butir bawang putih
3 ruas kencur
3 lembar daun jeruk
2 sdm garam halus
2 sdm air asam jawa

Cara membuat :
◆ Goreng kacang tanah hingga agak matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Giling halus/kasar sesuai selera masing-masing. Sisihkan.
◆ Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang putih, kencur, dan daun jeruk cukup sampai layu saja, jangan terlalu kering. Angkat dan tiriskan.
◆ Giling semua bumbu goreng dan gula aren hingga halus.
◆ Campurkan bumbu, gula aren, garam halus, dan air asam jawa ke dalam wadah kacang tanah giling. Aduk hingga benar-benar tercampur rata.
◆ Bagi sambal menjadi beberapa porsi. Padatkan membentuk bola. Bungkus rapat dengan plastik lalu simpan dalam lemari es.
◆ Saat akan disajikan ambil secukupnya saja, beri air sesuai kekentalan yang diinginkan.


Nah....untuk 1 - 2 bulan ke depan sudah ada stok sambal pecel, itupun kalau nggak cepat habisnya hehehe.... ^_^

"Enjoy Your Homemade" ^^

No comments:

Post a Comment