Thursday 2 July 2015

"Bakso Ayam"


Alhamdulillah setelah beberapa kali trial & error, akhirnya jadi juga bakso ayam homemade ini. Ini kali pertamanya bikin bakso sendiri, karena saya jarang banget beli daging sapi dan paling seringnya beli daging ayam makanya yang dibuat pun bakso ayam. Apalagi kalau lagi bingung ayamnya mau dimasak apa, tinggal dibikin bakso aja ^_^

Bakso ayam ini saya frozen jadi bisa dipakai untuk variasi menu selama bulan puasa, seperti sup atau campuran tumisan. Satu resep ini bisa dapat sekitar 50 biji bakso, tergantung ukuran bakso yang kita buat ya.

"BAKSO AYAM"
( Chicken Meatballs )
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
500 gr daging ayam
150 gr air es dan es batu
75 gr tepung sagu, larutkan dengan sedikit air
3 siung bawang putih, dihaluskan
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1 sdm minyak sayur
1/2 sdt baking soda

Cara membuat :
◆ Potong-potong kecil daging ayam, lalu giling halus. Bisa menggunakan gilingan daging/food processor/blender. Jika menggunakan food processor/blender tambahkan 3 sdm air es agar lebih mudah digiling.
◆ Tuangkan daging ayam giling dalam wadah. Masukkan semua bahan kecuali tepung sagu dan es batu. Aduk hingga tercampur rata.
◆ Tambahkan larutan tepung sagu, aduk rata kembali.
◆ Terakhir masukkan es batu. Ambil adonan lalu banting-banting dalam wadah hingga semua es batu mencair.
◆ Rebus air hingga mendidih lalu matikan kompor. Bentuk adonan menjadi bakso, bisa menggunakan dua buah sendok atau dengan cara meremas adonan hingga keluar diantara ibu jari dan telunjuk membentuk bulatan lalu ambil menggunakan sendok. Masukkan setiap bulatan bakso ke dalam air rebusan hingga adonan habis. Biarkan hingga bakso mengapung.
◆ Nyalakan kembali kompor dengan api kecil dan masak bakso hingga matang.
◆ Angkat bakso dan tiriskan. Biarkan dingin lalu siap digunakan atau masukkan dalam wadah kedap udara lalu simpan dalam freezer.


Bakso tanpa pengawet siap digunakan. Hayoook kita ngebakso... ^_^

"Enjoy Your Homemade" ^^

No comments:

Post a Comment