Friday 6 February 2015

NCC Pangan Lokal Week #1 : "Kolak Bola Singkong"


Ikutan lagi nih event NCC Culinary Week dalam rangka 1 Dasawarsa NCC dengan tema pangan lokal. Event ini untuk mengangkat pangan lokal lainnya sebagai alternatif pengganti beras seperti : singkong/ketela pohon, ubi jalar, talas, sukun, jagung, kentang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan mengolah pangan lokal lainnya menjadi pangan yang sehat, sedikitnya kita sudah membantu ketahanan pangan nasional.

Event kali ini temanya menurut saya susah-susah mudah, bikin mikir tujuh keliling hehehe... Gimana nggak susah, sudah dapat ide dan eksekusi, tapi...siap mau setor ternyata sudah keduluan sama yang lain. Kalau sudah gitu langsung putar otak deh cari ide lain. 

Naah...ini setoran pertama saya (karena masih ada lagi setoran resep lainnya ^^) kepada NCC PanLok hosts. Akhirnya dapat ide bikin kolak singkong tapi singkongnya dibentuk bola-bola jadi nggak direbus gitu aja. Ditambah variasi campuran nangka biar tambah mantap dan wangi.


"KOLAK BOLA SINGKONG"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
500 gr singkong/ketela pohon/ubi kayu
200 gr nangka, iris panjang-panjang
75 gr tepung sagu/tapioka
50 ml air
150 gr gula merah
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdm tepung sagu, larutkan dengan sedikit air
1 liter santan tidak terlalu kental
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat :
◆ Bersihkan singkong lalu kukus hingga empuk. Selagi panas haluskan menggunakan garpu.
◆ Campur singkong halus, tepung sagu/tapioka, dan air. Aduk sampai tercampur rata. Ambil sedikit adonan sekitar 2 sdm dan bentuk menjadi bola. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.



◆ Siapkan panci, masukkan santan, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan. Aduk rata hingga mendidih.
◆ Masukkan bola-bola singkong, masak hingga bola singkong mengapung.
◆ Tambahkan irisan nangka dan larutan tepung sagu. Aduk rata dan masak sebentar.
◆ Angkat dan sajikan.

Done, cukup mudah kan dan bisa jadi salah satu menu sarapan. Hayuuk...kita berdayakan pangan lokal demi ketahanan pangan nasional. Selamat juga untuk NCC, happy satu dasawarsa, semoga sukses dan semakin memberikan manfaat dan inspirasi bagi semuanya.

Inilah Badge yang diterima ^_^


"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment