Tuesday 24 February 2015

"Homemade White Loaf Bread"


Saya sangat jarang sekali membuat roti tawar, kalau dihitung ini ketiga kalinya saya membuat roti tawar sendiri. Anak-anak doyannya roti manis/roti isi, jadi saya seringnya ngulen adonan roti manis. Kalau sudah bikin roti tawar, anak-anak hanya makan 1 atau 2 lembar saja, sisanya saya dan suami yang habiskan. Biasanya saya cocol dalam secangkir kopi karena dirumah juga nggak selalu tersedia selai roti. Enak juga kok hehehe..... :P

Postingan ini telat juga karena roti tawar ini saya buat sebagai pelengkap corn chicken chowder a.k.a sup krim yang saya buat beberapa waktu yang lalu. Sekalian nyobain loyang baru juga (^^).



"WHITE LOAF BREAD"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan A :
375 gr tepung terigu protein tinggi
35 gr gula pasir
15 gr susu bubuk full cream
2 sdt ragi instan
1/2 sdt bread improver

Bahan B :
1 butir telur
150 ml air es

Bahan C :
30 gr mentega putih
1/2 sdt garam halus

Olesan, campur rata :
1 butir kuning telur
1 sdm susu cair

Cara membuat :
◆ Campurkan bahan A dan aduk sampai tercampur rata.
◆ Masukkan bahan B sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata.
◆ Tambahkan bahan C dan uleni hingga kalis.
◆ Bulatkan adonan, letakkan dalam wadah, dan tutup wadahnya dengan plastik wrap. Diamkan selama 1 jam hingga mengembang dua kali.
◆ Kempiskan adonan dan uleni sebentar. Bulatkan adonan dan giling memanjang, lalu gulung membentuk silinder seukuran loyang yang digunakan. Saya memakai loyang ukuran 26 x 11,5 x 7 cm.
◆ Letakkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi mentega putih. Diamkan selama 30 menit.
◆ Oleskan permukaannya dengan bahan olesan. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan di suhu 190-200°C selama 25-35 menit hingga matang.
◆ Angkat dan dinginkan. Potong menggunakan pisau bergerigi.


Taraaa....jadi deh roti tawarnya. Kalau sudah gini gimana mau melirik bakery lagi, yang ada say goodbye hihihihi.... :D

"Happy Baking" ^^

No comments:

Post a Comment