Friday 27 February 2015

"Dadar Gulung Mawar"


Saat dadar gulung mawar ini booming di group masak, langsung deh masuk list resep yang akan saya trial. Tapi....ya itu nggak selalu langsung saya coba, makanya saat booming resep terbaru di sosmed...eh saya malah baru trial resep yang booming kemarinnya lagi hihihihi...... Apalagi resep yang butuh ketelatenan seperti ini, harus menyisihkan waktu untuk trial. Bahkan beberapa kali rencana mau bikin, sudah beli kelapa parut untuk isiannya, tapi malah nggak sempat bikin dan ujung-ujungnya kelapa parutnya dipakai untuk masak yang lain hehehe..... :P

Naah....akhirnya sempat juga trial deh. Untuk isiannya saya menggunakan gula pasir jadi warna kelapa parutnya tetap putih. Bisa juga diganti gula merah jika ingin isiannya berwarna cokelat, sama seperti dadar gulung yang biasa dijual.


"DADAR GULUNG MAWAR"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
250 gr tepung terigu protein sedang
2 butir telur
1/2 sdt garam halus
600 ml santan encer
Pasta pandan dan strawberry secukupnya

Isian :
150 gr kelapa parut
1/2 sdt garam halus
100 gr gula pasir
50 ml air
1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara membuat :
Isian : Campurkan semua bahan, aduk rata dan masak hingga semua meresap dalam kelapa parut dan airnya kering, tapi tekstur kelapa masih sedikit basah. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
Kulit dadar : Campur rata tepung terigu dan garam. Buat cekungan ditengahnya, lalu masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan encer dan licin.
◆ Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama. Beri pasta masing-masing bagian. Aduk hingga tercampur rata.
◆ Panaskan wajan datar. Tuangkan adonan satu sendok sayur, putar wajannya agar didapat kulit dadar yang lebar dan tipis. Masak hingga matang. Lakukan hingga semua adonan habis.
◆ Ambil satu lembar kulit warna merah, kerat jadi 4 bagian sama rata tapi tidak putus. Letakkan 1 sdt isian yang dipadatkan di tengah kulit. Lipat bagian yang dikerat satu persatu membalut isian, hingga membentuk mawar (lihat gambar untuk jelasnya).


◆ Ambil satu lembar kulit dadar warna hijau, kerat jadi 4 bagian sama rata tapi tidak putus. Letakkan kulit mawar merah ditengahnya. Lipat lagi bagian yang dikerat membalut kulit mawar merah (lihat gambar untuk jelasnya).


◆ Lakukan semua stepnya hingga semua kulit dadar habis.

Selesai deh....akhirnya jadi juga dadar gulung mawarnya. Masih belum rapi sih, maklum ya first trial soalnya hehehe.... 

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment