Thursday 2 April 2015

"Tumis Bihun Sayuran"


Saat sedang malas makan nasi, tumis bihun ini jadi pilihan saya. Sedikit berbeda dengan bihun goreng yang pernah saya posting sebelumnya. Tumis bihun ini saya buat dengan campuran beberapa sayuran seperti caisim, taoge, dan wortel. Karena lagi malas giling-giling, bumbunya saya iris-iris saja.


"TUMIS BIHUN SAYURAN"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
250 gr bihun
50 gr caisim, iris kasar
50 gr taoge panjang, buang akarnya
1 buah wortel, serut kasar seperti korek api
2 batang daun bawang, iris halus
2 butir telur, kocok lepas
1 sdm minyak goreng

Bumbu :
5 butir bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
1 sdt garam halus
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm kecap manis
3 sdm saus tiram
1 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir

Cara membuat :
◆ Seduh bihun dengan air panas lalu tiriskan. Letakkan dalam wadah, beri minyak goreng, kecap manis, & saus tiram. Aduk sampai tercampur rata. Sisihkan.
◆ Panaskan sedikit minyak, masukkan telur kocok, orak-arik sebentar, angkat & sisihkan.
◆ Tumis bawang merah dan bawang putih sebentar. Masukkan caisim, taoge, dan wortel. Tumis hingga sayuran matang.
◆ Tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk rata.
◆ Masukkan bihun, telur orak arik, dan daun bawang. Masak sebentar dan aduk hingga tercampur rata.
◆ Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan cabe rawit.


Untuk menambah rasa pedasnya, saya lebih suka menyantap bihun goreng dengan irisan cabe rawit. Rasa pedasnya lebih nendang dibandingkan saus sambal.

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment