Tuesday 14 April 2015

"Donat Kentang"


Alhamdulillah...badan sudah enakan setelah hampir seminggu tumbang karena flu dan demam. Kata orang tua kalau sedang musim buah biasanya musim sakit, seperti sekarang ini, duku dan jambu air dimana-mana. Sekalinya dimakan nggak mau berhenti hehehe.... Awalnya yang terserang flu dek azzam, menularlah ke abang khalif dan saya, sampai akhirnya terakhir ayah pun ikutan flu dan demam. Alhamdulillah sekarang semuanya sudah baikan, hanya sisa batuk dan pilek sedikit.

Nah...back to my kitchen deh. Donat ini requestnya abang khalif dengan topping choco crispy dan almond. Bukan sekali ini saya membuat donat untuk keluarga, sebelumnya sudah bikin beberapa kali juga tapi selalu nggak sempat difoto. Resepnya diadaptasi dari donat kentang ncc, saya modifikasi sedikit sesuai kebutuhan. Donatnya saya cetak menggunakan cetakan donat karena lebih praktis, cepat dan besarnya sama rata.


"DONAT KENTANG"
Oleh : Nova Rilandari
Adapted : Donat kentang NCC

Bahan A :
250 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
25 gr susu bubuk
6 gr ragi instan
50 gr gula castor

Bahan B :
150 gr kentang ( kukus, haluskan, dan dinginkan )
2 butir kuning telur
100 ml susu cair dingin

Bahan C :
30 gr margarin
1/2 sdt garam halus

Topping (sesuaikan dengan selera) :
DCC, cairkan
WCC, cairkan
Choco crispy
Almond slice, panggang

Cara membuat :
◆ Campur semua bahan A. Aduk hingga tercampur rata.
◆ Masukkan bahan B, uleni hingga rata dan kalis.
◆ Tambahkan bahan C, uleni kembali hingga kalis dan mulus.
◆ Bulatkan adonan. Tutup wadahnya dengan plastik wrap. Istirahatkan/proofing selama 30 menit - 1 jam, tergantung kehangatan ruangan.
◆ Kempiskan adonan, uleni sebentar agar semua udara keluar. Bagi rata adonan masing-masing 40 gr untuk ukuran donat yang pas 3 kali gigit hehehe... Kalau ingin ukuran donat yg lebih besar, adonan dibagi 50 gr atau 60 gr.
◆ Bulatkan masing-masing bagian, susun di loyang yang ditaburi terigu. Tutup dengan plastik wrap atau serbet, istirahatkan/proofing selama 15 menit.
◆ Cetak masing-masing adonan. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang cenderung kecil sampai kuning kecoklatan. Jika satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik (cukup dibalik satu kali saja).

Menul-menul kan donatnya hihihi....

◆ Angkat dan tiriskan. Pastikan donat sudah cukup dingin sebelum diberi topping.


Topping choco crispy : celupkan donat ke dalam DCC, biarkan sedikit mengeras lalu taburi dengan choco crispy.
Topping almond white : celupkan donat ke dalam WCC dan taburi dengan almond slice.


Donatnya empuk tapi tidak gembos dan diinapkan semalam pun masih tetap empuk. Yuk ah nyomot dulu ya...haap nyam-nyam ^_^

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment