Thursday 8 January 2015

"Pumpkin Buns"


Gak bosan-bosannya menu roti....gimana gak bosan setiap kali saya buat selalu ludes sama keluarga. Kali ini buat roti sobek yang simpel aja, gak dibentuk macam-macam hanya bulat aja, cepat dan praktis.

Biasanya adonan roti sering juga dicampur dengan kentang, naahh....untuk roti ini saya campur dengan labu kuning. Teksturnya tetap empuk dan adanya rasa labu kuning yang manis jadi membuatnya makin khas.

Resepnya saya pakai resep roti manis yang biasa saya pakai tapi takarannya saya kurangi sedikit agar dapat jumlah adonan yang pas dalam loyang yang saya pakai.

"PUMPKIN BUNS"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan A :
250 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
6 gr ragi instan
50 gr gula pasir halus
15 gr susu bubuk

Bahan B :
100 gr labu kuning, kukus lalu haluskan
2 butir kuning telur
125 ml air es / susu cair dingin

Bahan C :
50 gr margarin
1/2 sdt garam halus

Filling :
Meises / DCC diserut halus

Topping :
Gula pasir secukupnya

Olesan, campur rata :
2 butir kuning telur
1 sdm susu cair

Cara membuat :
◆ Campur rata bahan A. Tambahkan bahan B, uleni hingga kalis. Masukkan bahan C, uleni lagi hingga kalis elastis.
◆ Bulatkan adonan. Tutup wadahnya dengan plastik wrap. Diamkan selama 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.
◆ Kempeskan adonan. Uleni sebentar agar udara dalam adonan keluar. Bagi adonan jadi 16 bagian sama rata (Ukuran loyang yang saya gunakan 22x22x6 cm jadi baris adonannya 4x4 buah. Kalau pakai loyang ukuran lain bisa disesuaikan jumlah bagian adonannya). Bulatkan masing-masing bagian. Diamkan selama 10 menit.
◆ Ambil satu bulat adonan. Pipihkan dan beri filling secukupnya. Tutup lalu bulatkan lagi.
◆ Tata berbaris dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang.


◆ Olesi permukaannya dengan bahan olesan, lalu taburi dengan gula pasir. 
◆ Panggang dengan suhu 180°C - 200°C selama 20-25 menit hingga matang.


Hasilnya menul-menul sekali kan.... :D . Belum keluar oven aja wanginya sudah kemana-mana. Jadi pengen cepat-cepat disobek nih hehehe.... ^^

"Happy Baking" ^^

No comments:

Post a Comment