Sunday 7 June 2015

"Chicken Katsu Curry"


Hari sabtu kemarin buru-buru mau pergi pembukaan bazar dan karena takutnya nggak keburu masak untuk makan siang jadinya masaklah yang nggak pake ribet. Jatuhlah pilihan ke chicken katsu atau ayam goreng khas Jepang. Cara bikinnya nggak jauh beda dengan ayam goreng tepung biasa, tinggal di marinasi/direndam bumbu, diamkan sebentar terus dibalur tepung dan goreng, beres deh.

Eh nggak taunya setelah beres masak, anak-anak malah ketiduran, nggak jadilah kita pergi. Sambil nunggu anak-anak bangun tidur, saya pun nonton tv. Pas pula acaranya kuliner dan membahas tentang masakan jepang, salah satunya menu chicken katsu curry. Kebetulan banget kan ^_^

Akhirnya jadi kepengen juga nih makannya. Chicken katsunya kan sudah ada, jadi tinggal bikin curry/karinya aja. Untuk bumbu curry/kari, bisa gunakan curry/kari instan, merk Golden Curry banyak direkomendasikan karena rasa curry/karinya sama dengan kari Jepang, tapi karena nggak ada logo halalnya jadi ragu untuk pakai. Jadinya saya pakai kari instan merk Malabar yang jelas ada logo halalnya.


"CHICKEN KATSU CURRY"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan chicken katsu :
2 potong dada ayam tanpa tulang, fillet melebar
1 sdt garam halus
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt bawang putih bubuk
1 butir telur, kocok lepas
3 sdm tepung terigu
Tepung roti secukupnya

Bahan curry/kari :
1 buah kentang ukuran besar, potong kotak
1 buah bawang bombay, potong kasar
1 siung bawang putih, cincang halus
500 ml air
25 gr kari bubuk
1 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir
2 sdm larutan maizena

Pelengkap :
1 buah wortel, potong panjang lalu rebus

Cara membuat :
Chicken Katsu : Lumuri daging ayam dengan garam halus, merica bubuk, dan bawang putih bubuk. Simpan dalam lemari es selama 30 menit atau lebih.
◆ Keluarkan ayam, balur dengan tepung terigu dan pukul-pukul dipinggiran wadah tepung agar tidak ada tepung yang menggumpal. Lalu celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan di atas tepung roti hingga seluruh permukaan daging ayam terbalut rata, agak remas sedikit agar tepung roti menempel rata.
◆ Langsung goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan. Gunakan api sedang cenderung kecil dan bolak-balik agar matang sempurna. Angkat dan tiriskan.
Curry : Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga keluar aromanya. Masukkan potongan kentang dan air, masak hingga kentang matang.
◆ Tambahkan kari bubuk, garam halus, dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata. Masak sebentar hingga mendidih.
◆ Jika ingin agak encer cukup dimasak hingga air sedikit menyusut. Tapi jika ingin sedikit kental beri larutan maizena, aduk hingga mengental.

Curry powder/Kari bubuk

◆ Penyajian : Letakkan nasi secukupnya di atas piring. Iris chicken katsu dan letakkan diatas nasi. Siram dengan kuah kari dan beri wortel rebus sebagai pelengkap.
◆ Sajikan hangat.


Ternyata nggak sesulit kelihatannya. Hasilnya sangat memuaskan, nggak kalah deh rasanya dengan yang disajikan di resto jepang ^_^

"Enjoy Your Homemade" ^^

No comments:

Post a Comment